Gulungan Pita menjadi Bunga-bunga EPISODE Pertama

23.15 Unknown 0 Comments

Setelah menemukan toko jahit, maka mulailah eksperimenku yang pertama. Karena aku hanya mempunyai pita dengan ukuran 1 inci atau 2,5 cm. Maka, aku pun harus mencari cara membuat bunga dengan menggunakan pita ukuran itu. Cara termudah adalah menjahit pinggirannya dan menarik jahitannya menjadi sebuah bunga dengan hiasan kancing di tengahnya. Seperti pertama kali ke Toko Ultra, aku memilih sesuatu yang menurutku menjadi bahan yang akan membuat bunga. Kancing yang seperti kristal berwarna warni, kain flanel, kancing biasa, pita dan glue gun plus lemnya.  Dan mulai lah experimen ini.
Bunga yang pertama kubuat dengan meniru salah satu blog tentang membuat bunga dari pita. Blog ini sebenarnya memberi penjelasan cukup ringkas dan disertai gambar-gambar, hanya saja terlalu cepat dan aku bingung langkah-langkahnya, dengan hanya gambar aku masih belum bisa nyantol. Sedangkan turorial youtubeku pakai pita dengan lebar 4 cm dan 5 cm hiks. Yowes lah seadanya aja.

#Bunga Pertama
Bunga Pink (entah lah jenis bunga nyata dia termasuk bunga apa) 
Aku potong pita ukuran 1 inc menjadi panjangnya sekitar 7 cm, kemudian aku tekuk-tekuk sesuai dengan petunjuk (ternyata sulit juga menjelaskan sesuai gambar) penjelasannya sih gini “lipat pita sama persis yang mengkilap bagian luar” “kemudian setelah anda lipat ke kanan lipat ke kiri lagi dengan menyamakan ujung masing-masing pita”  (selengkapnya bisa dibaca di kreasitangan.com ) pokoknya kayak gitu lah ya... . Susahnya di bagian ini adalah saat menjahit pinggiran pita bawahnya. Maklum tanganku ini ada perasaan fobia sama jarum, karena dulu waktu masih MA ada tugas bikin baju yang jahitnya harus pakai tangan, haddeh dalam waktu satu bulan minus mataku melonjak drastis dari minus 3 menjadi minus 9, kwkwkwkwkw) but anyway, entah kenapa aku ngeyel pingin bikin ini bunga. Aku jahitlah bunga ini meskipun dengan ukuran jarak antar benar sangat gede hahaha.... 
Bunga pertamaku... ada banyak tutorialnya
di internet bisa dicari. hasilnya masih kurang
keren ya.. (Mahmudatul ImamahI
Ternyata yang paling sulit memang menjahit dan membuat ukuran kelopak bunga menjadi sama satu dengan yang lain. Satu per satu aku membuatnya hingga terkumpul 14 kelopak bunga. Dijahit deh lagi.. di satuin mereka secara melingkar dari ujung pita yang dijahit tadi, langsung dilem juga bisa di atas tataan, waktu itu aku pakai kain flanel (setelah tiga bulan kemudian ternyata bisa diganti pakai kain keras maupun kain kapas). Tara... bungaku sudah jadi ..






Bros Kedua

ini buatanku gaya paling sederhana hahahaha..
Nah, pada saat searchng-searching itu ya... aku melihat bros-bros modern pita yang ala-ala korea gitu, simple tapi cantik, Cuma pita aja.. dikasih hiasan kecil-kecil gitu. Menurutku itu bisa berbeda dari bros pita mainstream lainnya, so aku coba deh. Hanya dengan miringin pita ke sini, ke situ, ditempelin, dan dikasih warna yang lebih heboh pakai pita yang emas atau perak gitu...  woalah!!! Jadinya Biasa aja!! dan kayaknya aneh... kwkwkwkwkw... biarin aja lanjutkan ke gaya yang lain.

Bros Ketiga

Bros Bunga Mawar
Akhirnya aku tidak menyerah, aku utak atik sendiri deh .. karena di youtube harus pakai lebar pita yang gedhe dan aku nggak punya, aku kekeuh pakai pita satu inc. Dan jadinya mlenuk nggak jelas... tetep keliatan bagus sih... mawar biru... hohoho... tapi kegedean dan aku nggak tahu cara bagaimana dia bisa untuk dirangkai dengan yang lain agar menjadi lebih bagus. Lagi-lagi kubiarkan saja...






Bros ketiga, gaya Pita.
gaya ikat pita, pakai pita organdi
Namanya juga dari pita, biasanya kan diikat jadi pita (hmmm iya pita yang diikat jadi pita itu jadi namanya apa ya,,, disimpul biasa) .. aku pun mencoba mengambil  pita dengan panjang entah berapa dan kutekuk menjadi dua dan kutekan tengahnya agar seperti menjadi simpul pita. (haddeh ternyata menjelaskan step by step itu susah kalau ditulis) seperti itu lah... kayak gambar di bawah ini...


Gaya keempat dan selanjutnya mirip-mirip dengan gaya sebelum sebelumnya..
Uh.. ternyata tidak mudah, apalagi aku bukan tipe orang yang sekali buat sudah sempurna atau sudah jadi mirip2 digambar yang aku contoh... Jaaauuuhhh bangeettttzzz... tapi ya oke lah. Semangat pertamaku meskipun gagal tidak membuatku patah arang untuk mecintai pita-pita...

ini hasil kreasi pita di periode pertamaku.. masih sangat sederhana dan belum bentuk ya... hehehe tapi aku tetap semangat!!!


See u for second generation ribbon flower brooch!!! 

You Might Also Like

0 komentar: