Pasar Ngemplak Tulungagung, Cari ikan dan sayur segar 24 jam

22.23 Unknown 4 Comments

Add captionPasar Ngemplak menjelang Maghrib (Mahmudatul Imamah)

Bagi kalian yang baru pertama tinggal di Tulungagung, biasanya akan kesulitan dimana lokasi pasar yang paling banyak menyediakan kebutuhan masak memasak. Nah, sebenarnya pasar tradisional yang sizenya besar di Tulungagung terbagi menjadi dua, Pertama adalah Pasar Wage yang lebih banyak menyediakan kebutuhan pakaian dan alat-alat rumah tangga, seperti alat dapur, kain, furniture, perhiasan dan lain sebagainya. Kedua, Pasar Nyemplak, pasar ini seperti pusat agrobinis Tulungagung dimana segala macam hasil bumi dari dalam maupun luar Kabupaten Tulungagung didatangkan. Bahkan salah satu kiosnya seperti gudang dengan ratusan buah semangka yang siap diangkut truk-truk ke luar kota.
suasana di Pasar Ngemplak (Mahmudatul Imamah)
Lokasi pasar ini tidak jauh dari pusat kota, cukup mengikuti arah jalur barat kota yang dilewati bus-bus antar kota dan berbelok di perempatan apa namanya ya... (duh aku nulis tapi kog sama butanya untuk jelasin... oke pakai GPS aja ya kalian kalau baru pertama kali di Tulungagung atau tanya orang).  Saat aku pertama kali ke pasar ini suasananya masih sangat tradisional... maksudnya pedagang berjualan hanya dengan bertenda kayu-kayu, duduk di atas dudukan kayu, dan berjajar berdekatan satu dengan yang lain. Tapi sekarang Pasar sudah dibangun jadi bagian depan sudah rapi dengan bangunan kios-kios dan atap pelindung. Hampir satu toko menjual barang yang sama dengan toko yang lain, jadi aku sendiri awal-awal bingung bangetz mau beli yang mana, karena semuanya sama. Mata harus bekerja keras memperhatikan apa yang ada dan apa yang nggak ada di satu toko dan toko yang lain. Selain itu, juga ada beberapa toko yang menyediakan produk tertentu saja, misalnya jual telor saja, atau jual gula jawa saja, atau daging ayam saja. Owh ya terkait daging, ngemplak juga menjadi pusatnya, tapi tidak menjual di tengah pasar. Kios yang menjual daging sapi berada berjajar di pinggir jalan sebelum ke pasar dari arah kota. Dan kios pun hanya dibuka di pagi hari, kalau siang apalagi sore maupun malam kios ini akan tutup, jadi jangan belanja daging kesiangan ya....
bangunan atap baru Pasar NgemplaK Tulungagung (mahmudatul Imamah)
di paling depan pasar ngemplak terdapat kios-kios buah, ada berbagai jenis buah yang masih segar, sayangnya harganya lebih mahal dari jika anda membeli buah di kios paling belakang dari pasar ngemplak, atau kios-kios  di tengah pasar. Tapi tidak semua kios di belakang atau di dalam pasar menyediakan buah seperti lengkapnya koleksi buah di kios bagian depan. Kios di belakang biasanya menjual dalam jumlah besar atau grosir, ada ruang-ruang terbuka yang diisi dengan ratusan jenis buah yang sedang panen dan siap dijual untuk didistribusikan di berbagai wilayah Tulungagung, buah yang paling banyak dijual adalah semangka, pisang, melon, dan lain-lain. Selain buah, juga sayur da bumbu-bumbu, seperti bawang merah bawang putih dan daun bawang berton-ton tersedia.
ikan-ikan yang dijual,, segar kan,,,
 Nah, jika mencari ikan segar juga bisa didapat di sini, tapi pilih waktu yang tepat untuk mendapatkan ikan yang segar. Biasanya anda bisa mendapatkan ikan segar sekitar menjelang maghrib, ikan-ikan hasil laut segera diangkut dijual di dalam wadah-wadah baskom besar, ikan yang dijual pun bermacam-macam, tidak hanya ikan laut tetapi juga ikan air tawar. Ikan tuna dijual sekitar 26.000 sampai 28.000 per kilogramnya, tergantung jenisnya. Biasanya satu ikan berukuran sedang sekitar 1,6 kilogram, atau kalau yang agak gedhe bisa mencapai 2 kilogram. Ada juga ikan Salmon, ntah lah terjadi perdebatan antara pembeli apakah ini benar-benar ikan salmon atau ikan salem, atau memang dua nama itu untuk jenis ikan yang sama, aku sendiri tidak bisa membedakan, karena memang tidak tahu, hehehe... ikan ini harganya sekitar 38.000 perkilogramnya. Besar ikan salmon ini hampir sebesar ikan tuna, mungkin beratnya juga hampir sama. Ikan yang lain tentu saja ada ikan nila, ikan munjair, ikan semar, ikan kunir, ikan layur, berbagai jenis udang dan cumi.. jadi silakan memilih apa yang anda inginkan.




Selamat berbelanja dan hidupkan ekonomi kerakyatan ya... hohoho..
ini ikan tuna yang kami beli, yang gedhe beratnya itu 2kg yang kecil 1,6 kg.
panjangnya mungkin 50 cm atau lebih.. hehe itu aku letakkan di keramik ukuran 30 cm (mahmudatul Imamah)

You Might Also Like

4 komentar:

  1. Artikel ente bagus sob,gue baca tiap hari. Kalu butuh motor honda area tulunggagung,kediri,trenggalek hubungi gus si kecil gan... Kunjungi www.guskecil.top

    BalasHapus
  2. Kpn2 ksna,plg dr pntai gemah bs mpir ke ngemplak cr ikan segar,mksih infone yoo

    BalasHapus
  3. Kpn2 ksna,plg dr pntai gemah bs mpir ke ngemplak cr ikan segar,mksih infone yoo

    BalasHapus