Gunung Kelud, Muncak tanpa Susah Payah

19.44 Unknown 1 Comments


Berencana wisata ke gunung? Tapi tidak mau repot mendaki untuk mendapatkan view yang bagus? Atau berjam-jam perjalanan? Nah, Gunung Kelud jawabannya. Yupz, gunung yang beberapa tahun lalu sempat meletus yang menggoncang seluruh jawa sekaligus menutupnya dengan abu. Gunung ini berada di Kecamatan Ngacar Kabupaten Kediri, hanya sekitar 30 KM ke arah timur dari Kota Kediri.

Wisata gunung kelud yang terletak di Kediri ini memberikan kemudahan Anda untuk menikmati alam pegunungan. Akses menuju puncak sangat bagus, aspal baru dan tidak terlalu banyak tikungan, meskipun tetap harus berhati-hati. Setelah memasuki pintu gerbang area wisata gunung kelud, yang artinya anda juga akan membayar tiket, anda akan menemui berbagai spot wisata yang terletak di pinggir jalan. Tiketnya 10.000 rupiah untuk dewasa dan gratis untuk anak-anak

Anda akan menemukan taman bunga yang dimodivikasi dengan tambahan hiasan seperti lampion, rumah-rumahan, area berkemah, hingga pasar tradisional. Setelah berkendara sekitar 15 sampai 20 menit dari Kampoeng Angrgrek, anda sudah akan sampai puncaknya!!! Memang bukan puncak tertinggi sih, bahkan hanya tempat parkir mobil, tapi di titik segitu saja sudah sangat fabulous pemandangannya.

Kalau lihat pemandangan pegunungan Kelud ini, sudah mirip seperti pegunungan di Cina loh! Tinggi semampai hijau kebiru-biruan. Tips ya.. sebaiknya kalau ke sini pas pagi-pagi .. karena kalau sudah menjelang sore, kabut akan segera turun. Pas kami sedang asyik-asyikmya mengambil gambar,, pegunungan itu tiba-tiba menghilang dipeluk kabut yang berjalan pelan dan menutupi hampir semua landscap. Untung saja, sudah agak puas foto-fotonya yak..

Di sini juga disediakan Photo Booth sekaligus kameramennya. Anda dapat berfoto 10 jepretan dan dicetak satu lembar dengan harga 10 ribuan! Mayan kan... sekali-sekali foto tidak hanya dipajang di instagram tapi juga bisa di dinding rumah..

Jika anda ingin melihat puncak kelud yang lebih tinggi dari titik terakhir mobil ini, maka anda harus menggunakan ojek. Eits! Jangan kuatir dulu. Jalannya halus kog! Tetep beraspal. Namun, mobil dilarang masuk untuk puncak tersebut. Bapak ojek akan menawarkan 30.000 bolak balik. Mayan kan....

Di lokasi itu juga dipampang beberapa foto kejadian Gunung Kelud meletus pada tahun 2014. Aku masih ingat, pagi-pagi bangun tidur di kosku Jogja, ketika membuka pintu rumah, dikagetkan dengan pemandangan yang serba abu-abu, persis seperti film jadul! Karena semua mua muanya.. telah tertutup oleh abu ini! beberapa cerita bahkan sampai wilayah Bandung.

Anda dapat melihat foto-foto lahar yang sedang turun, foto terowongan yang rusak, dan lain-lain. Jejak yang dapat diperhatikan hingga sekarang adalah terdapat beberapa pohon yang tidak lagi tumbuh daunnya meskipun pohonnya masih kokoh berdiri.

Jangan lupa beli oleh-oleh nanas di sini. Masih segar. Kata temenku, nanas yang langsung dikupas dan dimakan di sini sangat enak dan tidak menyebabkan getir di lidah setelah memakannya seperti nanas-nanas yang lain. Bagiku, yang lebih enak adalah pentol dan tahu baksonya... hahaha kalau ini mah, di mana-mana ada yak!




Oke, segini dulu ulasannya.. semoga bermanfaat. 

You Might Also Like

1 komentar: