Jurang Senggani, Wisata Keluarga di Bumi Perkemahan

20.33 Unknown 1 Comments





Namanya memang jurang senggani, lokasinya juga di antara jurang-jurang pegunungan, but jangan khawatir tetap aman kog untuk membawa keluarga ke sini. Dari anggota keluarga balita sampai yang sepuh-sepuh karena akses mobil bisa langsung sampai tujuan. Meskipun jalannya nampak tidak meyakinkan untuk dilewati pengemudi amatir.

Bumi Perkemahan Jurang Senggani ini terletak di Desa Nglurup Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung atau 30 kilometer arah barat laut dari pusat Kota Tulungagung. Sebuah kawasan desa wisata yang sejak dua tahun lalu menawarkan beberapa titik liburan dari kebun bunga, candi Penampihan, penginapan, dan susu. Nah, yang lagi hits adalah Bumi Perkemahan Jurang Senggani.

Bumi perkemahan dengan luas kurang lebih 6,5 hektar ini telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas, seperti arena outbond dan juga spot-spot foto. Agar lebih ceria dan tertata, arena bumi perkemahan juga dihiasi dengan lampion, payung warna warni, dan gazebo yang tersebar hampir di setiap sudut. Jadi, jangan kawatir kecapean ketika berkeliling, anda dengan mudah akan menemukan tempat peristirahatan.

Awalnya kami berencana untuk mendaki sampai air terjun senggani. Dimana dari bumi perkemahan masih membutuhkan empat kilometer perjalanan mendaki. Sebenarnya jalan yang dilalui cukup lebar, tapi karena masih tanah pegunungan, menjadi sangat licin saat kena hujan. Saat mendaki, kami berpapasan dengan sekelompok anak muda yang turun. Mereka bercerita bahwa medan sangat sulit dan air di sana sedang banyak lintah. Mendengar lintah, aku langsung urung untuk melanjutkan perjalanan.

Dengan usiaku ini, mendaki menjadi pekerjaan yang sangat berat. Selalu menjadi yang paling belakang dari rombangan kecil kami. Meskipun begitu, aku sangat menikmati gambaran pucuk-pucuk pohon pinus yang indah dan mengagumkan. Kami memang tidak menyelesaikan misi sampai ke lokasi air terjun, baru beberapa meter mendaki, kami memilih turun, dan selfie-selfie di beberapa titik.

Baru deh kami menikmati spot foto di Bumi Perkemahan. Owh ya, di sini anda tidak akan dipungut tiket masuk, hanya parkir 5.000 rupiah. Mas-mas penjaganya pun ramah, anda dapat bertanya-tanya sebelum memulai petualangan.

Di bagian tertinggi bumi perkemahan ini terdapat dataran yang cukup luas dan terbuka, secara sebagian besar dataran ini dilindungi alias ditutup dari sinar matahari oleh pohon-pohon pinus. Ruang yan luas itu cocok untuk menikmati hangat matahari saat suasana menjadi sangat dingin. Agar lebih menarik, terdapat tanaman yang diatur sedemikian rupa selayaknya taman di sudut-sudut bumi perkemahan, dan supaya nuansanya tidak hanya hijau rumput dan pohon pinus, maka ditamab juga bunga-bunga warna merah kuning pink dan lain-lain. 

Beberapa spot foto yang paling populer adalah sebuah tatakan kayu bertuliskan I love U. Terdapat juga jalur yang diiringi payung warna warni digantung. Disediakan pula ayunan, jembatan dari tali maupun ban dicat pelangi. Bagi anda yang tidak mau lelah mendaki ke air terjun, lokasi bumi perkemahan tidak kalah menarik.

Nah, habis dari bumi perkemahan jurang senggani, jangan lupa mampir beli susu segar yang murah, hanya 6.000 per liter di salah satu koperasi petani susu. Untuk wadahnya, cukup beli drigen di mini market sebelahnya, dengan ukuran untuk dua liter dan lima liter susu.
Begitu dulu ulasan kami, sampai ketemu di tulisanku yang lain. 

You Might Also Like

1 komentar: